Makanan dan Minuman Ini Bikin Ingin Buang Air Kecil

classic Classic list List threaded Threaded
1 message Options
primarykamasterfan primarykamasterfan
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Makanan dan Minuman Ini Bikin Ingin Buang Air Kecil

Membuang limbah dalam tubuh berupa air urine atau bisa disebut buang air kecil (BAK) memang menjadi kegiatan alamiah yang dilakukan oleh manusia setiap hari. BAK harus dilakukan secara teratur dalam frekuensi tertentu agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Rata-rata BAK pada manusia terjadi sebanyak 5-8 kali dalam sehari. Namun kondisi ini bisa berbeda-beda pada tiap-tiap orang. Tergantung dari seberapa banyak cairan yang sudah dikonsumsi, suhu udara di lingkungannya, faktor usia, kehamilan, obat-obatan yang dikonsumsi, serta jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi.
 
Untuk makanan dan minuman yang dikonsumsi memang menjadi salah satu faktor seseorang menjadi lebih sering BAK atau tidak. Karena beberapa makanan dan minuman ada yang bersifat diuretik akan merangsang tubuh untuk ingin terus berkemih. Keinginan untuk terus berkemih ini tak jarang membuat mengganggu kegiatan atau aktivitas yang sedang dijalankan, seperti saat sedang bekerja, menghadiri rapat, mengikuti event-event tertentu, dll. Sering kencing dan pergi ke toilet tentunya membuat tidak nyaman dan waktu menjadi kurang efektif. Maka dari itu, ada baiknya Anda mengetahui juga beberapa makanan dan minuman yang memang menjadi salah satu penyebab sering ingin buang air kecil.
 
Adapun beberapa jenis makanan dan minuman yang termasuk dalam kategori tersebut, antara lain:

1. Air.
Air memiliki sifat diuretik alami yang terbaik. Mengkonsumsi air putih secara cukup memang baik untuk kesehatan. Ketika Anda minum banyak air putih, volume plasma akan meningkat, begitu juga untuk tekanan darah akan mengalami hal serupa. Kondisi plasma akan menjadi lebih encer. Selain perubahan-perubahan tubuh tersebut, produksi urine juga menjadi lebih meningkat sehingga mampu membantu membersihkan tubuh dari kelebihan air.

2. Kafein pada kopi, teh, dan kakao.
Sama seperti air, kafein juga merupakan diuretik alami. Sehingga jangan heran jika mengkonsumsi produk berkafein, seperti kopi, teh, dan kakao akan muncul hasrat untuk pergi ke toilet. Dalam mengkonsumsi kafein sebaiknya dilakukan dalam porsi yang cukup, jangan berlebihan karena bisa menyebabkan dehidrasi.

3. Minuman beralkohol.
Minuman beralkohol memang tidak dianjurkan dikonsumsi karena kurang bagus untuk kesehatan. Minuman beralkohol ternyata juga bisa menyebabkan keinginan untuk kencing terlalu sering. Selain itu, minuman beralkohol juga mengganggu sinyal yang telah dikirimkan otak kepada kandung kemih untuk mengatur kapan saja seseorang harus berkemih. Untuk itu batasi atau hentikan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol jika tidak ingin kandung kemih menjadi overaktif.

4. Buah dan sayur-sayuran yang mengandung banyak air.
Mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran yang mengandung banyak air akan membantu tubuh dalam mengelola retensi air, sehingga tubuh akan lebih sering muncul hasrat untuk BAK. Beberapa contoh buah dan sayur-sayuran dengan kandungan air yang banyak, seperti semangka, nanas, mentimun, labu, seledri, bawang merah, bawang putih, daun bawang, asparagus, kacang hijau, dan masih banyak lagi.

5. Oat.
Perlu diketahui, di dalam oat mengandung silika yang merupakan diuretik alami. Agar fungsi oatmeal lebih maksimal, Anda bisa menambahkan buah-buahan segar ke dalamnya. Selain memiliki efek diuretik, buah-buahan ini nantinya akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar dan sehat, sehingga resiko sembelit berkurang.

6. Bumbu masakan.
Beberapa bumbu masakan atau penyedap rasa buatan, seperti MSG, benzyl alkohol tidak baik untuk kesehatan karena mampu mengiritasi kandung kemih. Untuk menghindari buang air kecil terlalu sering, sebaiknya memasak sendiri untuk makanan yang dikonsumsi. Sehingga Anda bisa mengetahui bahan-bahan apa saja yang dipergunakan. Gunakan buah, sayur-sayuran, dan gandum yang telah terbukti baik untuk kesehatan.

Agar lebih maksimal, disarankan Anda juga melakukan olahraga rutin serta teratur. Salah satu olahraga yang paling baik untuk penderita inkontinensia adalah senam untuk melatih otot panggul. Dan jika ternyata kondisi belum membaik juga, disarankan Anda untuk menggunakan popok celana berperekat sehingga tetap aman dan nyaman saat beraktivitas di luar ruangan.